17.20
1
(source: pinterest
Fujoshi? hmm mungkin tak banyak yang mengenal kata tersebut, ya selain orang-orang yang merasa "satu komunitas". Apasih fujoshi? Kenapa banyak yang melabeli dirinya fujoshi? 

Fujoshi (腐女子?, lit. "rotten girl") is a self-mockingly pejorative Japanese term for female fans of manga and novels that feature romantic relationships between men. Fujoshi enjoy imagining what it would be like if male characters from manga and anime, and occasionally real-life male performers as well, loved each other. The label encompasses fans of the boys love genre itself, as well as the related manga, anime, and video game properties that have appeared as the market for such works has developed. The term "fujoshi" is a homophonous pun on fujoshi (婦女子?), a term for respectable women, created by replacing the character 婦 (pronounced fu), meaning married woman or lady, with the character 腐 (also pronounced fu), meaning fermented or rotten. The name was coined by mass media, but was reclaimed by yaoi fans.Fans self-deprecatingly refer to their way of thinking, which perceives homosexual relationships between male characters in stories that do not include homosexual themes, as being "rotten". "Fujoshi" carries a connotation of being a "fallen woman". The term originates from 2channel in the early 2000s. An issue of Eureka which examined fujoshi in detail in 2007 contributed to the spread of the term.

hmm.. bingung yaa...
jadi kalo saya mengartikan begini, 
Fujoshi itu identik dengan wanita yang suka menonton film "boys love" atau suka menikmati hubungan romantis antara dua karakter pria, baik itu di anime, manga/komik, maupun di drama, bahkan di kehidupan nyata. hmmm kira kira seperti itu lah buat lebih gampangnya. 

Tunggu, memang ada wanita seperti itu?
tentu saja ada. jika di survei mungkin sekarang jumlahnya meningkat, salah satu penyebabnya ya karna kemudahan mengkases drama/film dari berbagai negara yang banyak mengandung adegan romantis dua pria di dalamnya. Tidak hanya itu, fujoshi kerap kali memasangkan karakter yang sebenarnya tidak berhubungan romantis secara langsung, melainkan memunculkan dalam imajinasinya. Hmmm ga jarang juga kadang mereka sampai menghubungkan ke arah perilaku seksual antara dua karakter pria tersebut. 

contohnya nih yang pasti udah banyak tau, buat pasangan karakter pria ada di anime Junjou Romantica. siapa sih yang nggak tau anime ini? hmmm ... banyak mungkin yaa... 
jadi di anime ini emang ceritanya boys love banget, mulai dari karakter utama, sampe karakter lain yang muncul semua dipasangin sesama laki-laki. 
okee, ada lagi movie lama, mungkin buat para fujo udah apal yang namanya Takumikun Series, cerita yang berlatar di sekolah yang isinya laki semua gitu. Ini juga sama, antara dua karakter utama sama beberapa karakter lain emang dipasangin sesama laki gitu.. 
oke ada juga drama thailand yang diangkat dari novel judulnya "Love Sick the Series", ceritanya emang awalnya dua karakter utama itu straight alias yaa normal biasa, bahkan punya pacar perempuan, tapi karna satu dan lain hal akhirnya berakhir dengan sesama laki. hmmm ini drama hits banget, termasuk aku suka banget drama ini. 
ada juga movie dari Cina, Like Love. ini juga berakhir serupa. 

banyak lain kook contoh drama atau movie BL (Boys Love) dan sepertinya makin banyak kedepannya. tentu drama macam ini bikin seneng fujoshi doong hehehe ... 

selain itu, kadang para fujo juga suka memasangkan karakter yang sebenarnya normal dan dibuat jadi BL dalam imajinasinya mereka. Contohnya di anime Kuroko no Basuke, bisa antara si Kuroko sama Kagami. dasarnya mereka emang cuman temen satu team, tapi karna satu dan lain hal beberapa Fujo suka bikin pairing dari mereka. atau karakter lain yang dirasa dekat. hmmm , paham? 
Bisa juga beberapa fans Idol grup mungkin ada juga yang pernah melakukan hal serupa. 

oke mungkin susah yaa kenyataan adanya pikiran para fujoshi ini untuk diterima akal sehat orang biasa. Kok bisa ada pikiran macam itu yang muncul, hehehe. 

Lantas apa kriteria seorang menjadi fujoshi?
hmmm untuk hal itu sih, sepertinya susah dijelaskan, kenapa? karena nggak semua yang mau disebut fujoshi. oke kasus ditutup! hehehe ^^

Dilema lain yang sering dialami Fujo *selain mungkin dianggap aneh oleh orang disekitarnya*, adalah ketika dia mempairkan sepasang, tapi disatu sisi dia suka salah satunya, biasanya di kasus pasangan adalah orang nyata, bukan karakter anime maupun manga. hmm normal kan tentunya ketika seorang perempuan suka dengan karakter pria. Lalu? 
Jadi begini, misalnya si Fujo suka karakter A dan B sebagai suatu pasangan, tapi si Fujo suka A sebagai individual, dan biasalaaah punya imajinasi buat si A jadi pacarnya di dunia nyata. lalu dia bingung bagaimana sebaiknya. 
Lebih susah lagi kalo itu ada di dunia nyata, bukan pasangan imajinasi dari drama/movie. lah?
ya begitulaaah ... ^^

1 komentar: