21.20
0
Bermusik dan membentuk sebuah band memang bukan hal yang baru di lingkungan sekolah maupun universitas. Kesamaan minat pada jenis musik tertentu, kedekatan antar individu, teman sekampus misalnya, atau sekedar meramaikan acara menjadi alasan band tersebut terbentuk. Tidak hanya mengembangkan hobi, beberapa “musisi kampus” juga bertujuan mengumpulkan uang dan meraih kesuksesan di dalam maupun di luar kampus. Berbagai aliran dan jenis musik berkembang diantara para penkmat musik di lingkungan kampus.
Cap negatif kerap diberikan dosen maupun mahasiswa lain pada mereka yang bermusik di kampus. Menjadi tidak terawat, sering bolos karena band yang sudah terkenal, hingga lupa kewajiban belajar kerap kali dilabelkan pada mereka yang sebenarnya kreatif ini. Padahal, bisa jadi merekalah yang akan membanggakan almamaternya, meski bukan dengan jalur ilmiah.

Kelekatan antar personil, komitmen awal membentuk, tujuan bersama, dan dukungan dari orang sekitar mempengaruhi bertahan atau tidaknya band yang berasal dari lingkup kampus. Bila bermusik dikampus dilanjutkan dengan komitmen serius, tak jarang meski kuliah berakhir mereka tetap eksis dan terkenal. Bermusik juga mampu menjadikan penghasil rupiah bagi yang menggelutinya, meski kita tau di Indonesia sendiri profesi ini tidak menjanjikan.


--> Tulisan gagal terbit di media massa~~~~  

0 komentar:

Posting Komentar